Kamis, 01 April 2010

Bagaimana Qt menjadi Ummat terbaik (Khairu Ummah)?


Tertuang dalam Qs. Ali Imran[3]:110 Allah berfirman, yang artinya: “Kamu (ummat Islam) adalah ummat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang ma’ruf, dan mencegahdari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka. Diantara mereka ada yang beriman, namun kebanyakan mereka adalah orang-orang fasik”

Maksud Ummat terbaik menurut Allah dalam QS.3: 110 diatas dapat dijabarkan sbb:
1. Ukhrijat linnaas (yang dilahirkan u/ manusia)
Esensinya yaitu Kita sebagai ummat Islam jangan hanya tinggal diam. Bergaullah pada orang lain (Hablumminannas). Sehingga terjadi ikatan ukhuwah (persaudaraan). Sebagaimana Rasul bersabda: “Manusia yang baik itu adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain” (Al-Hadist). Disebutkan juga dalam QS. An-Nazi’at:27: “Apakah penciptaan kamu yang lebih hebat ataukah langit yang telah dibangun-Nya?”. Ini menandakan bahwa manusia “special” dibanding makhluk lain. Sehingga manusia dituntut u/ balance antara Hablumminallah dan Hablumminannas.
2. ‘Amar Ma’ruf (Menyuruh pada kebaikan) berdasarkan ilmu.
Allah memerintahkan kita agar berdakwah di jalan-Nya: “Serulah (manusia) kepada jalan Rabbmu dengan hikmah dan pelajaranyang baik. Dan bantah lah mereka dengan cara yg lebih baik”(QS. An-Nahl:125)
Dalam hadist diriwayatkan o/ Abu Hurairah, bahwa Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang mengajak kepada kebaikan (hidayah), maka ia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang2 yg mengikutinya, tanpa mengurangi pahala yang diterima o/ orang2 tsb” (HR. Muslim, 2674)
3. Nahi Munkar (Mencegah pada kemungkaran)
Betapa banyak ummat Islam yang ingin masuk surga sendirian. Ini menandakan kurang pemahaman dalam menjalankan syari’at.
Dalam hadist (dg beberapa perubahan redaksi) disebutkan: “ Ubahlah keburukan dengan 3 hal, yaitu dengan tangamu, lisanmu, dan dengan doa, sesungguhnya doa adalah selemah2nya iman.”
4. Jangan terpecah belah antar Ummat Islam
Jangan karena perbedaan Khilafiyah, silaturrahim terputus. Klo seperti ini terus, kapan Ummat Islam dewasa akan hal beragama?? Sebuah PR kita semua.

Pada dasarnya, tabiat Ummat Islam itu baik. Dikatakan baik disini yaitu Tahu apa tujuan Allah menciptakan manusia dan manusia mengikuti apa yang sudah ditetapkan o/ Allah.

_______Wallaahua’lam Bisshowab______

*review dr sebuah tausyah o/ Ust. Faishal Fath

Tidak ada komentar:

Posting Komentar